logo blog

5 Tips Paling Ampuh Untuk Mengatasi Rasa Cemas Mendadak

5 Tips Paling Ampuh Untuk Mengatasi Rasa Cemas Mendadak

5 Tips Paling Ampuh Untuk Mengatasi Rasa Cemas Mendadak

Mungkin tidak banyak orang yang tahu kalau hormon adalah peranan paling penting bagi kesehatan wanita. Karena demikian, kita harus bisa menjaga keseimbangan hormon yang terdapat dalam diri kita, karena kalau tidak seimbangan maka fisik tubuh maupun mental akan terganggu.

Salah satu tanda jika dalam diri kita hormon tidak seimbang maka akan terjadi rasa kecemasan secara tiba-tiba. Kecemasan ini datang secara mendadak, dan biasanya diawali dengan jantung yang berdebar dan keringat dingin yang muncul tiba-tiba. Kecemasan tiba-tiba ini umumnya disebabkan oleh rendahnya hormon melatonin dalam tubuh kita.

Mengonsumsi Teh Herbal

Mungkin masih sedikit orang yang tahu kalau akar valerian dan passionflower adalah dua dari beberapa jenis tanaman herbal yang dipercaya dapat menurunkan kecemasan pada tingkat  tertentu. Berdasaran dari hasil peneliti, tanaman herbal ini dikonsumsi dengan cara diseduh seperti teh, kemudian diminum. Jika Anda merasa cemas mendadak, tidak ada salahnya mencoba teh akar valerian atau passionflower ini.

Mengonsumsi Insitol

Penelitian menunjukkan bahwa pengonsumsian 12 sampai 18 gram insitol per hari dapat membantu meningkatkan kadar hormon seratonin dalam tubuh, serta dapat meminimalisir frekuensi serangan panik pada waktu-waktu tertentu.

Menulis Jurnal

Pernah terjadi pada diri Anda saat malam tiba dan rasa cemas selalu menghantui Anda? Menuliskan kekhawatiran dan solusi yang dapat Anda pikirkan adalah salah satu cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kecemasan itu. Dengan menuliskan apa yang ada dalam pikiran, Anda akan merasa lebih tenang dan lebih mudah tertidur.

Melakukan Relaksasi

Berbagai teknik relaksasi seperti meditasi, relaksasi otot progresif serta latihan pernafasan terbukti efektif dalam mengurangi tingkat stress dalam diri serta menurunkan frekuensi serangan panik secara tiba-tiba. Jika Anda sedang berpikir untuk mengikuti kelas yoga, sekaranglah saatnya untuk memulai.

Olahraga

Salah satu cara paling efektif adalah olahraga, karena olahraga juga terbukti ampuh untuk menyehatkan pikiran. Jika Anda sering dilanda kecemasan mendadak, mungkin sekarang saat yang tepat untuk mulai rutin berolahraga.

5 tips ini tentu sangat membantu Anda mengatasi rasa cemas mendadak. Jika dengan melakukan tips tersebut kecemasan Anda belum berkurang, mungkin Anda perlu meminta bantuan dokter/psikiatris untuk mengatasinya. Sebab, serangan rasa cemas secara tiba-tiba yang berlebihan bisa jadi merupakan indikasi bahwa Anda sedang mengidap Anxiety Disorder.

Bagikan Artikel ini:

EK Eter - Health News adalah blog yang membahas berita kesehatan dan kecantikan, apa tanggapan Anda tentang artikel yang Anda baca barusan?

Copyright © 2015. EK Eter - Health News - All Rights Reserved