logo blog

Suka Menangis, Kenali Penyebab dan Faktornya

Suka Menangis, Kenali Penyebab dan Faktornya

Suka Menangis, Kenali Penyebab dan Faktornya

Menangis itu bisa saja terjadi kerena terbawa suatu perasaan haru seseorang, bisa saja karena nonton drama maupun nonton video kisah sedih, sehingga membuat perasaan kita terbawa ke suatu suasana yang sulit kita kontrol.

Sering kali ada yang terbawa suasana mendengar curhatan teman yang patah hati adalah sebagian kecil dari sekian banyak hal-hal yang bisa membuatmu menangis. Belum lagi perasaan campur aduk yang terjadi pada dirimu sendiri.

Lalu, mengapa perasaan seperti ini bisa datang? Ini memang sebuah pertanyaan umum, bukan hanya kita. Meski para peneliti belum tahu pasti apa penyebabnya, namun beberapa penelitian menunjukkan hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Selain karena alasan gender (wanita cenderung lebih mudah menangis dibanding pria), trauma di masa lalu juga bisa menjadi pemicunya.

Jika Anda baru-baru ini saja merasakan lebih emosional dan lebih mudah berurai air mata dibanding beberapa waktu yang lalu, maka penyebabnya lebih mudah ditebak. Fluktuasi hormonal yang terjadi menjelang masa menopause, PMS, atau efek dari konsumsi pil KB bisa membuat emosi kamu lebih mudah naik turun.

Selain itu kurang tidur dan stres juga dapat memicu reaksi emosi. Jika memang ini yang terjadi, coba perbanyak kegiatan yang bisa memberikan efek relaksasi, seperti yoga atau meditasi.

Sama sekali tidak ada yang salah dengan kondisi mudah menangis. Bahkan beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa menangis dapat membantu melepaskan stres dan meningkatkan mood. Namun jika kebiasaan ini mulai mengganggu atau sulit dikendalikan, mungkin ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter, karena bisa saja itu tanda dari depresi.

Bagikan Artikel ini:

EK Eter - Health News adalah blog yang membahas berita kesehatan dan kecantikan, apa tanggapan Anda tentang artikel yang Anda baca barusan?

Copyright © 2015. EK Eter - Health News - All Rights Reserved